Sabtu, 12 November 2011

SMK Negeri 16 Jakarta : The Greenest School in Jakarta *copast*

Gedung 16
Ini dia sekolah yang langganan juara untuk kategori sekolah sehat, taman terindah, dan wc terbersih! Rite, Teen lagi ngegosipin SMK Negeri 16 Jakarta. Gak heran dunkz kalo sekolah yang berdiri pada 2 Juni 1969 ini populer dengan sebutan Green School. Gak cuma itu tauk, pada 22 Desember 2010 lalu SMKN 16 telah direkomendasikan Diknas meraih sertifikat ISO. Yang paling cihuy neh, nyaris seluruh lulusan SMKN 16 laris manis diperebutkan di dunia kerja alias gak ada yang jadi pengangguran cuy!

Taman 16
“Alhamdulillah, sejak 2006 kami ikut perlombaan apa pun tentang sekolah bersih dan sehat, SMKN 16 selalu juara. Saking seringnya juara, kami sampai gak boleh ikut lomba sekolah sehat lagi. Kami punya puluhan jenis tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di halaman belakang. Sekolah ini juga dikelilingi 10 pohon Keresek atau Ki Bima yang sangat dilindungi. Untuk menebangnya saja, kami harus dapat izin dari Dinas Pertamanan Kota. Kami juga menggiatkan ekskul composing yang merupakan pengembangan pelajaran IPA,” tutur Wakil Kurikulum SMKN 16, Ibu Tri Eriyani, S.Pd.



Piala
SMKN 16 Jakarta menyediakan 3 program kejuruan, yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Pemasaran. Apa ya rahasianya lulusan SMKN 16 terdidik menjadi tenaga kerja siap tempur? “Kami berprinsip untuk mendidik dan mempersiapkan para murid agar menjadi tenaga profesional di lapangan kerja selama menuntut ilmu di sini. Salah satunya dengan cara mengundang para ahli di bidang usaha yang sedang maju untuk sesekali mengajar di sini. Alhamdulillah lulusan kami selama ini jarang yang menganggur,” tambah Ibu Tri Eriyani, S.Pd.
Sekolah berakreditasi A ini juga punya sederet program jangka panjang yang seru nih. “Setelah meraih sertifikat ISO, kami siap menatap RSBI. Tentunya kami akan membina semua guru untuk mahir berbahasa Inggris. Lalu kami akan menjajaki untuk membuka jurusan baru, Teknik Informatika. Kalo sekarang hanya beberapa kelas saja yang memakai LCD, ke depannya kami berharap 1 student bisa menggunakan 1 laptop,” lontar Ibu Kepala Sekolah, Nanik Radmiasih, S.Pd.
 "Another part of the 16"
Lorong Kelas
Teras Sekolah
Lab. KKPI









Koperasi
Perpustakaan     
Facts
• Penjurusan telah dilakukan sejak kelas 1, namun program magang dilaksanakan di kelas 2.
• Ada UKS yang menyediakan jasa kesehatan dan ditangani langsung oleh dokter yang berkunjung beberapa    hari sekali.
• “Kami punya 14 jenis ekskul dan semuanya hidup. Ekskul yang menonjol adalah voli. Kami baru meraih          juara 2 OSN se-Jakarta Pusat, juara 1 se-DKI untuk lomba Marawis, dan yang terbaru juara 2 lomba         PMR,” terang Pembina OSIS yang juga mengajar pelajaran Agama, Pak Jamaludin Harahap, S.Ag.
• Pada semester 2 ini, SMKN 16 sukses menekan angka keterlambatan jadi O %. Salah satunya berkat kesediaan Pak Jamal dan Ibu Dra. Naniek Junaeni (Wakil Kesiswaan) berdiri di depan gerbang sekolah untuk memeriksa kelengkapan pemakaian atribut sekolah. He he he.
• Aktris film senior Yatti Surachman adalah salah satu alumnus SMKN 16 Jakarta.
• Buat yang beragama Islam, sebelum masuk kelas dianjurkan untuk tadarus Al-Quran.
• Setiap Jumat sebelum masuk kelas, siswa-siswi dan para guru diwajibkan ikut senam.
• SMKN 16 ikut menerapkan persyaratan tinggi badan untuk penerimaan siswa baru jurusan Administrasi Perkantoran dan Pemasaran. Laki-laki 165 cm dan perempuan 158 cm.
• SMKN 16 sering banget loh dijadikan lokasi syuting sinetron, termasuk acara Dahsyat pada 17 Agustus 2010 lalu dan syuting video musik band Wali.
• Total jumlah siswa di sekolah yang memiliki luas 3.010 m2 ini ada 753 orang.
• Bisik-bisik, uang bulanan di SMKN 16 ini termurah se-Jakarta Pusat. 175 ribu rupiah ajah.
SMKN 16 punya bangunan berlantai 4. Lantai 1 untuk kantor kepala sekolah dan ruang guru, lantai 2 untuk siswa Akuntansi, lantai 3 untuk siswa Pemasaran, dan lantai 4 untuk siswa Perkantoran.

Alamat SMKN 16 Jakarta
Jl. Taman Amir Hamzah, Menteng, Jakarta Pusat 10230
Tel. 021 3904112
Fax. 021 3924235

Tidak ada komentar:

Posting Komentar